Minggu, 12 Juni 2011

Hubungan Antarpribadi

Kemampuan membina dan memelihara hubungan yang saling memuaskan yang ditandai dengan keakraban dan saling memberi serta menerima kasih sayang.Kepuasan bersama ini mencakup antaraksi sosial bermakna yang berpotensi memberikan kepuasan serta ditandai dengan saling memberi dan menerima. Keterampilan menjalin hubungan antarpribadi yang positif dicirikan oleh kepedulian pada sesama. Unsur kecerdasaan emosional ini tidak hanya berkaitan dengan keinginan untuk membina persahabatan dengan orang lain, tetapi juga dengan kemampuan merasa tenang dan nyaman berada dalam jalinan hubungan tersebut,serta kemampuan memiliki harapan positif yang menyangkut antaraksi sosial.

Dalam banyak bidang pekerjaan,hubungan yang baik dengan banyak orang sangat diperlukan dan diharapkan.Hubungan baik ini sudah menjadi keharusan dalam lingkungan kerja ; merupakan bagian dari pekerjaan itu sendiri.

Apabila sejumlah besar orang dalam bidang pekerjaan tertentu mempunyai kemampuan yang kurang lebih sama, apa yang memungkinkan beberapa dari mereka lebih maju dibandingkan dengan lainnya? Sampai saat ini,kita sudah tau bahwa jawabannya adalah Kecerdasaan emosional.

Memilih topik pembicaraan adalah hal yang paling penting.Tiga macam topik umum yang dipandang "aman" untuk dibicarakan antara lain adalah pristiwa terkini,pekerjaan, dan minat yang sama.

Kita dapat berlatih memperhatikan orang lain, sebagaimana halnya kita dapat melatih semua unsur kecerdasaan emosional lainnya.

Keterampilan bercakap-cakap lainnya yang penting adalah kemampuan mengubah topik pembicaraan secara halus dan santun.

Ingatlah, kita sebaiknya terus membicarakan suatu topik sejauh topik tersebut masih menarik bagi kedua pihak.Orang yang membicarakan melompat-lompat dari topik ke topik sering sekali dipandang sebagai orang yang berpandangan dangkal atau perhatiannya tidak tulus.

Saling memberi dan menerima adalah kunci untuk membina hubungan yang berhasil.

Tidak ada komentar: